Minggu, 19 Mei 2013

Cara Merawat Printer Canon Epson HP - Bedah Digital

Cara Merawat Printer Canon Epson HP 
Add caption
Cara Merawat Printer Canon Epson HP - Printer menjadi perangkat komputer yang sangat sulit dimengerti. Namun printer sudah menjadi perangkat pendukung paling penting juga, sehingga mau tidak mau kita harus memiliki printer dengan segala keluhan yang ada. Nah oleh karena itu pada postingan kali ini bedah digital ingin membagi tips Cara Merawat Printer Canon Epson HP, sehingga printer milik anda akan bertahan lebih tahan lama dan awet dari semua masalah diatas.



Bagian-Bagian printer yang perlu perawatan dan Cara Merawatnya :

  • Catride Printer, Catride menjadi kunci utama kelayakan printer, jika catride buntu, tersumbat, sehingga mengakibatkan hasil cetakan yang tidak mulus, terputus-putus, orang akan menganggap printer itu sudah rusak. Untuk Perawatan Catride, diupayakan melakukan cetak setiap hari, meskipun hanya satu lembar, hal ini berfungsi agar tinta tidak menyumbat pori-pori pada catride yang menyebabkan kebuntuan, dengan dilakukan printing secara teratur tinta akan terus berganti, tidak sampai beku. Pengobatan Catride, lalu bagaimana jika catride sudah buntu, sehingga hasil cetakan gak bagus. Dari pengalaman saya langkah yang bisa diambil adalah dengan menyemprotkan cleaner pembersih kaca pada pori-pori catride, dan mengeringkannya dengan tisu, langkah lainnya dengan mencelupkan ujung pori-pori catride pada air mendidih. Meski tidak 100% ampuh, namun langkah ini cukup memuaskan hasilnya dalam memperlancar catride kembali normal.
 
  • Printer Blink, yang dimaksud disini adalah terjadi eror pada printer sehingga memunculkan peringatan bahwa ada masalah, ngeblink adalah berkedipnya lampu resume dan power secara bergantian, jumlah pergantian kedip lampu adalah cara printer memberitahu kepada kita tentang masalah yang terjadi, misal lampu resume berkedip 5x, lalu hijau 1x, hal ini dikarenakan terjadi eror pada software dalam mainboard printer, sehingga perlu dilakukan reseter. Kendala Utama pada blink printer adalah dari eror software, namun pada jenis printer canon+scaner, sering terjadi eror 5, dikarenakan tidak centernya catride dengan cip printer. reset printer bisa dilakukan secara manual, untuk printer canon cara reset manual dengan cara mencabut semua kabel pada printer, lalu tekan dan tahan tombol power, sambil menancapkan kabel power, masih tetap ditahan tombol powernya, tekan tombol resume 2 kali lalu lepaskan semua, jika lampu printer sudah nyala hijau tenang, maka printer sudah ready kembali.
  • Paper Jam, paper jam adalah kondisi dimana printer meminta kertas, atau terjadi keterlambatan kertas, namun kertas tidak selalu menjadi penyebab utama, terkadang benda-benda seperti uang koin, isi staples, polpen, lidi, bisa menjadi penyebab kertas nyangkut, atau tercetak tapi hasilnya miring, sehingga muncul peringatan paper jam.
Tiga hal diatas adalah penyebab terbanyak para printer, namun jika ada yang membutuhkan solusi atas printer yang tidak ada diatas, sobat Bedah Digital, bisa menuliskan pada coment di bawah postingan ini, semoga tips tentang Cara Merawat Printer Canon Epson HP diatas bisa membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan printer anda

0 komentar:

Posting Komentar