Senin, 13 Mei 2013

cara mengatasi infus printer yang masuk angin

NEWBIE MENCOBA BIKIN THREAD


kebanyakan orang saat ini menggunakan printer tinta merek Canon atau Epson, walaupun ada juga orang menggunakan printer merek lain seperti hp atau lexmark. tak jarang ketika membeli printer baru orang memodifikasinya dengan menambahkan infus tinta, sehingga untuk mengisi ulang tinta ga perlu susah-susah lagi.

teknologi infus pada printer memudahkan dalam pengisian (refill) tinta. karena kita ga usah lagi beli cartridge baru saat kehabisan tinta atau repot2 nyuntik cartridge printer yg bikin tangan dan muka belepotan.

printer dengan tinta infus


tak jarang ketika printer lama ndak kepake, tiba2 angin masuk ke dalam selang infus yang mengakibatkan tinta tidak dapat keluar dengan sempurna.
dan kadang ada permasalahan yaitu adanya gelembung udara yang ada di dalam selang infus, sehingga tinta jadi ga bisa masuk ke cartridge, dan akhirnya warnanya jadi ga keluar.

infus printer yang masuk angin :


ada 3 tips yg saya tawarkan untuk mengatasi masalah ini, diantaranya adalah :
1. bawa ke tukang service, bayar dan pasti langsung bener lagi.
terus kalau ga punya uang gimana ?
2. bongkar cartridge, bongkar selangya, terus masukin tintanya pake suntikan sampe penuh dan anginnya ilang.
metode ini kemungkinannya 50:50, kalau ga berhasil, ya gagal total alias ga bisa dipake lagi sistem infusnya. ujung2nya ya balik lagi ke nomer 1. hehe



3. tips yang ketiga, dan yang paling aman (nyaris tanpa resiko dan biaya) adalah dengan cara DEEP HEAD CLEANING.
sesimple itukah?
yaaa..
cara2nya adl sbg berikut :
1. tempatkan printer pd posisi semula atau pd saat normal/sebelum kerusakan (biasanya printer lebih tinggi daripada infus, atau printer sejajar dengan infus).
2. hidupkan printer, hubungkan dengan komputer/laptop, lalu klik kanan pd printer dan pilih PRINTING PREFERENCES lalu pilih MAINTENANCE lalu disana kan ada pilihan DEEP CLEANING.
3. pilih pilihan DEEP CLEANING tersebut sekitar 10 sampai 20x sampai gelembung pd selang infus hilang. atau bisa lebih dari 20x, pokoknya langkah ketiga ini diulang2 terus sampe gelembungnya hilang. karena pada saat DEEP CLEANING printer akan secara otomatis menyedot tinta dari infus sehingga gelembunya bisa keluar.
4. dan Walaaa, printer pun bisa dipake ngeprint lagi seperti semula.





*RESIKO PENGGUNAAN DEEP CLEANING
1. tinta jadi boros karena pd saat DEEP CLEANING tinta akan terkuras, ya paling2 abisnya setengah botol lah. lumayan hemat daripada harus dibawa ke tempat service.
2. printer jadi sedikit belepotan, inget2 aja harus sedikit dilap dengan tisue pd saat ada tinta yg terburai :mahos

semoga tipsnya bermanfaat yaa

ga nolak

anti

5 komentar:

  1. Terima kasih masukannya gan..

    BalasHapus
  2. Mantap gan. Ane coba praktekin di printer ane.
    Regard, Modifikasi Motor.

    BalasHapus
  3. Masukkan komentar Anda...katrid buatan skrng sulit diinfus, pasti masuk angin. Meski tabung, selang, karet nya bagus. Meski sdh dilem lobang dan tutup katrid nya. Meski sdh pasang dumper.. Tetap masuk angin.

    BalasHapus