Minggu, 17 Maret 2013

Tips Perawatan Laptop


Tips perawatan laptop - Ini merupakan postingan pertama dari blog Kumpulan Tips Bermanfaat yang akan mengulas tentang perawatan laptop. Entah itu netbook atau pun notebook. Karena kita semua sudah terbiasa menyebut keduanya dengan kata laptop. Baik itu  perawatan pada hardware, maupun perawatan pada sistem operasi (OS) yang terinstal pada laptop itu sendiri. Agar laptop yang kita gunakan bisa bertahan lama dan sebisa mungkin meminimalisir kerusakan yang sangat umum terjadi pada sebuah laptop. Ada baiknya juga harus diperhatikan dulu kualitas laptop sebelum membelinya.

cara merawat laptopSemuanya pasti tentunya juga sudah tahu jika kehandalan sebuah laptop tidak bisa dibandingkan apalagi disejajarkan dengan sebuah desktop PC. Jika PC mampu menyala selama sehari penuh, untuk laptop tidak bisa. Walaupun hal itu bisa-bisa saja, tapi tetap saja akan menimbulkan kerusakan yang sangat cepat. Menurut saya produsen atau merk dari sebuah laptop juga sedikit-banyak ikut menentukan keawetan laptop sendiri. Hal itu telah saya buktikan sendiri tentang merk-merk tertentu yang sering masuk ke tukang servis laptop. Bukan hanya 1 toko servis, tapi beberapa toko di kota tempat saya tinggal. Baiklah, berikut ini ada beberapa tips cara merawat laptop dengan benar.

Cara Merawat Laptop dengan Benar

Untuk perawatan hardware laptop, berikut ini ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan untuk diperhatikan ;

1. Jangan menghidupkan laptop lebih dari 3 jam
Jika dirasa memang harus menyalakannya lebih dari 3 jam, maka matikanlah laptop setiap 3 jam selama 15 menit.
2. Bersihkan LCD dengan cairan khusus secara rutin.
3. Bersihkan keyboard dengan sikat khusus untuk menyapu debu diantara sela-sela tombol keyboard.
4. Membuka dan menutup LCD laptop dengan benar dan hati-hati yaitu dengan cara memegang LCD dari sisi kanan atau sisi kirinya, bukan dari atasnya. Karena di bagian atas terdapat blok yg rentan rusak.
5. Lepaslah baterai laptop jika laptop digunakan lebih dari 2 jam.
6. Saat melepas baterai, pastikan daya baterai 100% penuh.
7. Jangan memasukan charger jika belum ada peringatan baterai laptop akan habis.
8. Jangan menyimpan baterai terlalu lama.
Maksimal 2 minggu sekali daya dalam baterai dikuras sampai habis kemudian isi kembali sampai penuh baru kemudian disimpan lagi.
9. Berhati-hati saat hendak memasukan baterai ke dalam laptop.
Masukan dengan perlahan. Karena dikhawatirkan saat memasukan baterai dengan terburu-buru atau dengan kata lain dengan kasar, secara tidak sadar elemen penghubung (konektor) powersupply dari baterai ke laptop bisa patah.
10. Selalu gunakan UPS saat menggunakan laptop tanpa baterai.
Hal ini dimaksudkan untuk menghindari matinya arus listrik secara tiba-tiba yang bisa menyebabkan baterai drop dan hardisk rusak.
11. Jangan menghidupkan laptop di atas kasur atau benda yang bisa menutup sirkulasi udara di dalam laptop

Selanjutnya untuk perawatan sistem operasi (OS), berikut cara perawatannya ;

1. Jangan menginstal software bajakan.
Disinilah seringnya terjadi kerusakan pada OS. Apalagi dengan dalih menggunakan software antivirus premiun yang bajakan. Lebih baik menggunakan software antivirus yang yang gratis namun asli daripada menggunakan yang premium namun hasil bajakan. Saya sendiri hanya mengandalkan antivirus asli dan gratis dari microsoft, yaitu Microsoft Security Essentials. Untuk alternatif lain, Avast juga lumayan.
2. Selalu scan file hasil download dengan antivirus.
3. Gunakan Utility Software seperti CCleaner, TuneUp Utilities, dsb.

Demikian tips cara merawat laptop yang bisa saya sampaikan yang semoga bisa berguna atau paling tidak bisa sedikit menambah wawasan tentang perawatan laptop.

0 komentar:

Posting Komentar