Minggu, 17 Maret 2013

Cara Membuat CD Repair Windows 7


Adakalanya segala sesuatu itu membutuhkan persiapan akan datangnya sebuah hal yang mungkin akan terjadi. Sedia payung sebelum hujan, itulah kira-kira pepatah mengatakan. Seperti halnya OS Windows 7 yang kita gunakan pada sebuah PC. Walaupun setiap kali microsoft mengeuarkan OS terbarunya selalu mengatakan jika sistem operasi terbaru milik mereka lebih baik dan lebih stabil daripada sistem operasi sebelumnya, tapi tetap saja pasti mengandung kelemahan. Apalagi bagi pengguna Windows 7 yang kurang memperhatikan perawatan system, hal ini tetap saja akan menyebabkan windows bermasalah. Walaupun hal ini bisa diselesaikan dengan DVD instalasi, tapi bagi yang tidak memiliki DVD tersebut sepertinya tetap akan menjadi masalah.

Untuk itu, maka diperlukan sebuah antisipasi yang bisa menangani masalah tersebut yang sudah terdapat pada tool bawaan Windows 7 dengan membuat sebuah CD repair (Create a system repair disc). Sangat disarankan tips ini digunakan tepat setelah selesai menginstal OS Windows 7. Dikarenakan jika dibuatnya nanti setelah menginstal lebih banyak software, dikhawatirkan windows sudah mengandung masalah. Entah itu berubah settingan awal, terjangkit virus, dan lain sebagainya. Jadi intinya agar CD repair ini bisa berfungsi secara maksimal.

Cara mudah membuat CD repair (Create a system repair disc) windows 7

Berikut ini langkah-langkah pembuatan CD repair untuk Windows 7 ;
1. Klik Strart, ketik pada kotak pencarian create a system repair disc kemudian klik.

cara membuat cd repair windows 7

2. Akan muncul windows Create a System Repair Disc. Pilih Drive, nama atau letak CD/DVD yang akan digunakan sebagai System Repair Disc.
3. Masukkan CD/DVD kosong ke dalam CD/DVD RW kemudian lanjutkan dengan klik tombol Create disc.

cara membuat cd repair windows 7

4. Tunggu sampai proses pembuatan CD/DVD repair disc Windows 7 selesai. Setelah itu keluarkan CD/DVD yang telah dibuat.

Sampai disini proses pembuatan CD repair Windows 7 telai selesai. CD tersebut bisa digunakan sewaktu-waktu untuk memperbaiki system windows jika suatu saat windows mengalami masalah. Langkah selanjutnya adalah cara menggunakan CD repair yang telah dibuat.

Cara menggunakan CD repair Windows 7

Untuk menggunakan CD/DVD yang telah kita buat, berikut langkah-langkahnya ;
  • Masukkan CD Repair yang telah dibuat sebelumnya dan boot dari sana untuk masuk ke Windows Setup [EMS Enabled]. Lihat gambar di bawah.
cara menggunakan cd repair windows 7
  • Setelah booting selesai, muncul 2 opsi yaitu use recovery tools dan restore the computer back to a system image. Silahkan klik opsi yang pertama use recovery tools. Kemudian klik Windows 7 pada Orating System.
cara menggunakan cd repair windows 7
  • Kemudian akan muncul tampilan system recovery options. Pada langkah ini kawan bisa memilih jenis perbaikan yang diinginkan sesuai dengan kondisi kerusakan system yang dialami pada windows untuk mengembalikan kondisi sistem operasi Windows 7 seperti semula.
cara membuat cd repair windows 7
Demikian sebuah tips windows tentang cara membuat sytem repair disc windows 7 yang bisa berguna jika suatu saat wndows mengalami masalah. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

0 komentar:

Posting Komentar